Learning to know, Learning to do, Learning to understand, and Learning to life in peace

Senin, 15 Januari 2018

Komunikasi dalam Jaringan (Daring/Online) Bagian 1

Komunikasi melalui facebook, twitter, hangout, whatsapp merupakan contoh beberapa program komunikasi online dengan memanfaatkan jaringan internet. Dalam pembahasan kali ini akan dijelaskan sedikit mengenai komunikasi dalam jaringan atau bisa disebut dengan komunikasi daring atau komunikasi online.


Pengertian Komunikasi
Komunikasi merupakan sekumpulan elemen yang saling terintegrasi dan saling mempengaruhi dalam berbagai kegiatan untuk mencapai suatu tujuan.
Menurut Leswell bahwa komunikasi meliputi 5 unsur, yaitu:

  1. Komunikator (Siapa yang mengatakan?)
  2. Pesan (Apa yang dikatakan?)
  3. Media (Melalui saluran apa?)
  4. Komunikan (Kepada siapa?)
  5. Efek (Efek apa yang ditimbulkan?)
Syarat utama dari komunikasi jaringan adalah adanya jaringan internet.
Komunikasi dalam jaringan dapat didefinisikan sebagai hubungan timbal balikantara satu orang atau lebih untuk menyampaikan pesan dengan memanfaatkan jaringan internet.

Komunikasi dalam Jaringan
Komunikasi dalam jaringan merupakan suatu sistem jaringan, yang terdiri dari komponen-komponen yang saling terintegrasi. 
Adapun sistem komunikasi online adalah :
  • Real time System adalah komunikasi online yang proses pengirimannya langsung pada saat itu juga, saat data diterima dan mengirimkannya kembali hasil yang telah diproses ke pengirim data. Real time system merupakan komunikasi data dengan kecepatan tinggi.
  • Batch Processing System merupakan komunikasi online pada beberapa user, yang mana pemrosesan dilakukan di terminal masing-masing user.
  • Time Sharing System adalah suatu teknik penggunaan online sistem oleh beberapa pemakai. 
  • Distributed Data Processing System adalah suatu system komputer yang terpencar yang dihubungkan dengan jaringan komunikasi dan setiap komputer dapat mengakses data secara mandiri dan memiliki kemampuan berhubungan dengankomputer lain dalam suatu sistem jaringan.
Bentuk Komunikasi dalam Jaringan
Bentuk komunikasi dalam jaringan ada dua, yaitu :
  1. Text Chat merupakan sebuah fitur, fasilitas, aplikasi, atau program dalam suatu jaringan komputer (internet) sebagai media untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara langsung selama pengguna sama-sama terkoneksi dengan internet dalam bentuk teks. Aplikasi yang sering digunakan untuk text chat  antara lain Yahoo Messenger, GTalk, mIRC, Facebook, Instant Messaging, dsb.
  2. Video Chat merupakan komunikasi yang dapat memanfaatkan audio dan video disaat yang bersamaan. Aplikasi yang sering digunakan berkomunikasi chatting video antara lain Skype, FaceTime, Camfrog, Facebook, MSN, Google Hangouts, dsb.
Jenis Komunikasi
Rhesky, dkk (2013:31), jenis komunikasi dalam jaringan dibedakan menjadi dua, yaitu :
  1. Komunikasi Langsung (Synchronous) adalah komputer memediasi komunikasi langsung (dimana orang berkomunikasi secara real time melalui perangkat lunak chat atau diskusi, dengan semua peserta komputer pada waktu yang sama). Bentuk komunikasi langsung dapat berupa text chat dan video chat.
  2. Komunikasi tidak Langsung (Asynchronous) adalah komputer memediasi komunikasi secara tunda dimana orang-orang berkomunikasi dalam mode tertunda oleh komputer, dengan menggunakan media seperti email, forum, dan membaca dan menulis dokumen online melalui World Wide Web.
Tujuan Komunikasi dalam Jaringan
  • Menemukan diri sendiri dan orang lain
  • Untuk berhubungan dengan orang lain
  • Untuk meyakinkan
  • Untuk Hiburan
Fungsi Komunikasi dalam Jaringan
  • Komunikasi Sosial. Fungsi komunikasi sebagai komunikasi sosial merupakan suatu bentuk kebutuhan manusiauntuk saling mendukung dalam kehidupannya
  • Komunikasi Ekspresif. Dengan berkomunikasi seseorang dapat menyampaikan perasaan atau emosi baik secara verbal maupun nonverbal.
  • Komunikasi Instrumental. Komunikasi memiliki beberapa tujuan, diantaranya ialah menginformasikan, mengajar, mendorong, mengubah sikap dan keyakinan, dan mengubah prilaku, menggerakkan tindakan, dan juga untuk menghibur.
Komponen Komunikasi dalam Jaringan
Komponen-komponen komunikasi dalam jaringan dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu:
  1. Komponen Komunikasi Data, terdiri dari : Pesan (Message), Pengirim (Sender), Penerima (Receiver), Perantara (Medium), Protocol.
  2. Komponen Jaringan Komputer, dapat diklasifikasikan menjadi komponen hardware (PC, Network Interface Card, kabel, dan topologi jaringan) dan komponen software (seperti Windows7, Linux, dsb)
Sumber : Putra, Ratna.2016.Simulasi Digital Untuk Semua Bidang Keahlian.Surakarta.Mediatama

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pariwara/Iklan Bageyan 1

Wara-wara Wara-wara utawa pengumuman yaiku salah sawijining wujud pawarta/layang/nawala (surat) kang katujokake marang umum. Wara-wara iku ...