Learning to know, Learning to do, Learning to understand, and Learning to life in peace

Jumat, 14 Juli 2017

Local Area Network


Apa itu LAN?


LAN yang merupakan kependekan dari Local Area Network ini merupakan suatu jaringan di mana perangkat keras dan perangkat lunak dapat saling berkomunikasi dalam daerah yang terbatas. LAN hanya dapat menjangkau daerah yang sangat terbatas, contohnya hanya bisa menjangkau dalam satu gedung saja.






Oleh karena keterbatasan jangkauannya tersebut kecepatan transmisi data pada LAN akan menjadi sangat tinggi. Kabel LAN juga dikenal sebagai Kabel UTP yang biasanya berbentuk kabel untiran seperti yang ada pada kabel telepon.
LAN sendiri terdiri atas server, client dan gateaway. Dimana server dalam LAN merupakan satu atau lebih komputer yang menggunakan sistem operasi server. Tugas server disini adalah sebagai penyedia media simpanan dan layanan lainnya yang membuat komputer-komputer dalam jaringan tersebut mampu menggunakannya baik secara indvidual ataupun bersama-sama.
Sedangkan client meruapakan kompuer yang menggunakan sistem operasi client seperti windows yang terhubung ke LAN. Dan gateaway sendiri merupakan sebuah alat yang ada pada jaringan yang mempunyai fungsi untuk melakukan komunikasi dengan jaringan lain.



Apa Fungsi LAN?
Fungsi-fungsi LAN antara lain :
  1. LAN berfungsi sebagai resource sharingdimana bertujuan agar seluruh program (software),   peralatan, khususnya data dapat digunakan oleh setiap orang yang ada pada jaringan tersebut tanpa terpengaruh oleh lokasi resource dan pemakai.
  2. LAN juga dapat berfungsi sebagai pemberi koneksi jaringan internet dalam suatu ruangan.
  3. LAN juga berfungsi untuk membuat keamanan data lebih terjamin karena dengan adanya LAN seorang server dapat mengatur data-data penting yang hanya dapat diakses oleh user tertentu saja.
Komponen-Komponen LAN

LAN tersusun dari beberapa komponen dasar yang meliputi komponen hardware dan software, yaitu:

1. Komponen  Hardware: Worksation / Personal Computer (PC), Server, Kabel (Kabel Twisted Pair, Kabel Coaxial, Kabel Fiber Optic), Network Interface Card (NIC), Hub/Switch, Bridge, Repeater, dan Topologi jaringan.

2. Komponen Software: Sistem Operasi Jaringan, Network Adapter Driver, Protokol Jaringan.

3. Brainware, yaitu administrator dan pengelola jaringan.

Komponen Hardware 

Workstation

Merupakan node atau host yang berupa suatu sistem komputer.Sistem komputer ini dapat berupa PC atau dapat pula berupa suatu komputer yang besar seperti sistem minicomputer, bahkan suatu mainframe.Workstation dapat bekerja sendiri (stand-alone) dapat pula menggunakan jaringan untuk bertukar data dengan workstation atau user yang lain.

Server


Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya dikenal disk server,file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus.

Sebuah file server merupakan jantungnya kebanyakan Jaringan, merupakan komputer yang sangat cepat, mempunyai memori yang besar, harddisk yang memiliki kapasitas besar, dengan kartu jaringan yang cepat. Sistem operasi jaringan tersimpan disini, juga termasuk didalamnya beberapa aplikasi dan data yang dibutuhkan untuk jaringan. Sebuah file server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara node/komponen dalam suatu jaringan. Sebagai contoh mengelola pengiriman file database atau pengolah kata dari workstation atau salah satu node ke node yang lain, atau menerima email pada saat yang bersamaan dengan tugas yang lain. Terlihat bahwa tugas file server sangat kompleks, dia juga harus menyimpan informasi dan membaginya secara cepat. 

Server menyediakan file, printer dan pelayanan lain untuk client. Ada dua buah jenis server, yaitu:
a. Server dedicated, server yang tidak memiliki fungsi lain. Ia tidak bisa digunakan sebagai workstation. Untuk melihat jenis dari server tersebut dapat diketahui melalui sistem operasi jaringan yang dijalankannya, misalnya Novell Netware.

b. Server Non-Dedicated, server yang juga bisa berfungsi sebagai workstation. Contohnya: Microsoft Windows NT Server, Mocrosoft Windows NT Workstation, Microsoft Windows 95/98, Unix, Linux, Mac OS/2. 

Dari fungsinya, server dapat digunakan:

1) Menyimpan file-file yang digunakan bersama-sama pada harddisk-nya;
2) Mengatur komunikasi (seperti pesan e-mail) antar workstation;
3) Mengkoordinasikan pencetakan kepada printer yang dipakai bersama-sama;
4) Server juga dapat menyimpan CD-ROM yang dapat dipakai oleh para pemakai network;
5) Bisa menyimpan tape drive atau drive lain yang digunakan untuk menyimpan hard disk server atau hard disk pada workstation;
6) Dengan perangkat lunak dan keras tambahan, server bisa mengarahkan e-mail dari dan ke internet. 

Server juga bisa mengirimkan fax ke luar jaringan ke mesin-mesin fax yang ada di luar. Kenyataannya server hampir dapat melakukan semua pekerjaan yang mencakup pengiriman data.

Link



Workstation dan server tidak dapat berfungsi  apabila  peralatan  tersebut secara fisik tidak terhubung. Hubungan tersebut dalam Perangkat keras (hardware) yang berfungsi untuk melayani jaringan dan workstation yang terhubung pada jaringan tersebut.pada umumnya sumber daya (resources) seperti printer, disk, dan sebagainya yang hendak digunakan secara bersama oleh para pemakai di workstation berada dan bekerja pada server. Berdasarkan jenis pelayanannya dikenal disk server,file server, print server, dan suatu server juga dapat mempunyai beberapa fungsi pelayanan sekaligus.
LAN dikenal sebagai media transmisi yang umumnya berupa kabel. Adapun beberapa contoh dari link adalah:
a. Kabel Twisted Pair
Kabel ini terbagi dua, yaitu Shielded Twisted Pair dan Unshielded Twisted Pair(UTP), lebih banyak dikenal karena merupakan kabel telpon, relatif murah, jarak yang pendek, mudah terpengaruh oleh gangguan, kecepatan data yang dapat didukung terbatas, 10-16 Mbps.
b. Kabel Coaxial 


Umumnya digunakan pada televisi,  jarak yang relatif lebih jauh, kecepatan pengiriman data lebih tinggi di banding Twisted Pair, 30 Mbps, harga yang relatif tidak mahal, ukurannya lebih besar dari Twisted Pair.

c. Kabel Fiber Optic
Jarak yang jauh, kecepatan data yang tinggi, 100 Mbps, ukuran yang relatif kecil, sulit dipengaruhi gangguan, harga yang relatif masih mahal, instalasi yang relatif sulit.

Network Interface Card
Suatu workstation tidak dihubungkan secara langsung dengan kabel jaringan ataupun tranceiver cable, tetapi melalui suatu rangkaian elektronika yang dirancang khusus untuk menangani  network protocol yang dikenal  dengan Network Interface Card (NIC). Kartu Jaringan (NIC) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer. 

Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot. Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah: kartu jaringan Ethernet, LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet, lalu diikuti oleh Token Ring, dan LocalTalk.


Hub Konsentrator


Sebuah Konsentrator/Hub adalah sebuah perangkat yang menyatukan kabel-kabel network dari tiap-tiap workstation, server atau perangkat lain. Dalam topologi Bintang, kabel twisted pair datang dari sebuah workstation masuk kedalam hub. Hub mempunyai banyak slot concentrator yang mana dapat dipasang menurut nomor port dari card yang dituju. Hub biasanya terdiri dari 8, 12, atau 24 port RJ-45 dan digunakan pada topologi Bintang/Star.

sumber :
http://jokowarino.id/apa-itu-dan-fungsi-dari-pengertian-lan-local-area-network/
https://dianita8irmayanti.wordpress.com/2012/09/06/komponen-komponen-lan/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pariwara/Iklan Bageyan 1

Wara-wara Wara-wara utawa pengumuman yaiku salah sawijining wujud pawarta/layang/nawala (surat) kang katujokake marang umum. Wara-wara iku ...